PROFIL PERUSAHAAN
Apple
Inc. (sebelumnya bernama Apple Computer) adalah sebuah perusahaan multinasional
yang berpusat di Silicon Valley, Cupertino, California dan bergerak dalam
bidang perancangan, pengembangan, dan penjualan barang-barang yang meliputi
elektronik konsumen, perangkat lunak komputer, serta komputer pribadi.
VISI
“Apple
is committed to bringing the best personal computing experience to students, educators,
creative professionals and consumers around the world through its innovative
hardware, software, and Internet offerings.“
MISI
“Apple
designs Macs, the best personal computers in the world, along with OS X, iLife,
iWork and professional software. Apple leads the digital music
revolution with its iPods and iTunes online store. Apple
has reinvented the mobile phone with its revolutionary
iPhone and App Store, and is defining the future of mobile media and computing
devices with iPad.”
SISTEM MANAJEMEN PERUSAHAAN APPLE
A. Manajemen
Sumber Daya Manusia
Manajemen sumber daya
manusia, disingkat MSDM, adalah suatu ilmuatau cara bagaimana mengatur hubungan
dan peranan sumber daya (tenaga kerja) yang dimiliki oleh individu secara
efisien dan efektif serta dapat digunakan secaramaksimal sehingga tercapai
tujuan (goal) bersama perusahaan, karyawan danmasyarakat menjadi maksimal. MSDM
didasari pada suatu konsep bahwa setiap karyawan adalah manusia – bukan
mesin – dan bukan semata menjadi sumberdaya bisnis. Kajian MSDM
menggabungkan beberapa bidang ilmu seperti psikologi, sosiologi, dll.
Bagian atau unit yang biasanya mengurusi sdm adalah departemen sumber daya
manusia atau dalam bahasa inggris disebut HRD atau human resource department.
B.
Manajemen Pemasaran
Manajemen
pemasaran adalahsebagai kegiatan yang direncanakan, dan diorganisasiknan yang
meliputi pendistribusian barang, penetapan harga dan dilakukan pengawasan
terhadap kebijakan - kebijakan yang telah dibuat yang tujuannya untuk
mendapatkan tempat dipasar agar tujuan utama dari pemasaran dapat tercapai. Dalam
pemasaran terdapat enam konsep yang merupakan dasar pelaksanaan kegiatan
pemasaran suatu organisasi yaitu : konsep produksi, konsep produk, konsep
penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran
global.
1.
Konsep produksi
Konsep
produksi berpendapat bahwa konsumen akan menyukai produkyang tersedia
dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi
dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produktinggi dan
distribusi yang luas.
2.
Konsep produk
Konsep
produk mengatakan bahwa konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu,
performansi dan ciri-ciri yang terbaik.
3.
Konsep penjualan
Konsep
penjualan berpendapat bahwa konsumen, dengan dibiarkan begitusaja, organisasi
harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif.
4.
Konsep pemasaran
Konsep
pemasaran mengatakan bahwa kunsi untuk mencapai tujuan organisasiterdiri dari
penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikankepuasan yang
diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.
5.
Konsep Pemasaran Sosial
Konsep
pemasaran sosial berpendapat bahwa tugas organisasi adalah menentukan
kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan
yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien daripada para
pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan
masyarakat.
6.
Konsep Pemasaran Global
Pada
konsep pemasaran global ini, manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor -
faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang
mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak
yang terlibat dalam perusahaan.
C. Manajemen
Produksi
Manajemen produksi
merupakan salah satu bagian dari bidang manajemen yang mempunyai peran dalam
mengoordinasikan berbagai kegiatan untuk mencapai tujuan. Untuk mengatur
kegiatan ini, perlu dibuat keputusan - keputusan yang berhubungan dengan usaha -
usaha untuk mencapai tujuan agar barang dan jasa yang dihasilkan sesuai
dengan apa yang direncanakan. Dengan demikian, manajemen produksi
menyangkut pengambilan keputusan yang berhubungan dengan proses produksi untuk
mencapai tujuan organisasi atau perusahaan.
Perkembangan manajemen produksi terjadi berkat
dorongan beberapa faktoryangmenunjang yaitu :
a)
Adanya pembagian kerja dan spesialisasi.
b)
Revolusi industri.
c)
Perkembangan alat dan teknologi (termasuk komputer).
d)
Perkembangan ilmu dan metode kerja.
Manajemen produksi mencakup perancangan atau penyiapan
manajemen produksiserta pengoperasiaannya, yang meliputi :
-
Seleksi dan design hasil produksi (produk).
-
Seleksi dan perancangan proses serta peralatan.
-
Pemilihan lokasi perusahaan serta unit produksi.
-
Perancangan tata letak (Lay out) dan arus kerja atau
proses.
-
Perancangan tugas.
D. Manajemen
Keuangan
Manajemen keuangan
adalah suatu kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan,
pengendalian, pencarian dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu
organisasi atau perusahaan.
Aktivitas
Manajemen Keuangan
Manajemen keuangan
berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu :
1. Aktivitas
penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai
aktiva.
2. Aktivitas
perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari
sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
3. Aktivitas
pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk
aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.
Fungsi
Manajemen Keuangan
Berikut ini adalah
penjelasan singkat dari fungsi Manajemen Keuangan :
a. Perencanaan
Keuangan, membuat rencana pemasukan dan pengeluaraanserta kegiatan-kegiatan
lainnya untuk periode tertentu.
b. Penganggaran
Keuangan, tindak lanjut dari perencanaan keuangan denganmembuat detail
pengeluaran dan pemasukan.
c. Pengelolaan
Keuangan, menggunakan dana perusahaan untukmemaksimalkan dana yang ada dengan
berbagai cara.
d. Pencarian
Keuangan, mencari dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional
kegiatan perusahaan.
e. Penyimpanan
Keuangan, mengumpulkan dana perusahaan serta menyimpan dan mengamankan dana
tersebut.
f. Pengendalian
Keuangan, melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan dan sistem keuangan
pada perusahaan.
g. Pemeriksaan
Keuangan, melakukan audit internal atas keuangan perusahaan yang ada agar
tidak terjadi penyimpangan.
h. Pelaporan
Keuangan, penyediaan informasi tentang kondisi keuangan perusahaan
sekaligus sebagai bahan evaluasi
SISTEM ORGANISASI PERUSAHAAN APPLE
Di bawah ini merupakan struktur
organisasi selama Steve Jobs menjadi CEO Apple:
Steve
Jobs dikenal dengan kepiawaiannya dalam memegang langsung banyak bagian di
dalam perusahaannya. Secara eksplisit dapat terlihat pada
gambar di atas bahwa Steve Jobs merupakan pusat dari segala pengambilan
keputusan yang akan diambil karena tidak adanya jalur birokrasi top-down.
Berbeda dengan Apple yang berada di bawah kepemimpinan baru sejak tahun
2011, Tim Cookakan mengubah bentuk struktur organisasi Apple dari spoke-and-wheel organization menjadi bentukyang lebih tradisional yaitu top-down pyramid. Bentuk struktur
organisasi juga akan mengubahsistem pengambilan keputusan dalam perusahaan ini.
Struktur organisasi yang dipakai oleh Steve Jobs menyebabkan adanya
sentralisasi pengambilan keputusan sehingga terkadang terjadi bottleneck dalam pengambilan
keputusan. Di sisi lain, pemakaian struktur spoke -
and wheel organization juga dapat mempercepat pengambilan keputusan karena keputusan dapat diambil
tanpa melalui sistem birokrasi yang berlapis - lapis. Berbeda dengan bentuk
struktur yang akandigunakan oleh Tim Cook yaitu top - down pyramid, pengambilan keputusan dalam perusahaan didesentralisasi
sehingga setiap kepala bagian / divisi dapat turut andil dalam pengambilan keputusan.
Desentralisasi tersebut dapat mempercepat pengambilan keputusan di setiap
bagian / divisi, tetapi terkadang dapat pula memperlambat pengambilan keputusan
perusahaan karena adanya level birokrasi yang jelas.
Di bawah kepemimpinan
CEO baru, perusahaan Apple juga mengambil orang-orang baru untuk menjalankan
usahanya. Berikut beberapa orang yang dipercaya oleh Tim Cook untuk mendukung keberjaanan
Apple:
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar