ORGANISASI,
yaitu merupakan kata yang seringkali kita dengar diberbagai tempat maupun
kegiatan. Dalam berbagai kegiatan yang melibatkan orang banyak perlu adanya
pembagian tugas pada para anggotanya sebagai upaya mengefektifkan kinerja
organisasi yang bersangkutan. Sebab apabila tidak ada pembagian tugas yang
benar, maka sebuah organisasi di bidang apapun tidak akan mampu mencapai tujuan
yang diharapkan.
Ada beberapa
definisi organisasi antara lain :
1. Prof Dr. Sondang P. Siagian, mendefinisikan “organisasi ialah setiap bentuk
persekutuan antara dua orang atau lebih yang bekerja bersama serta secara
formal terikat dalam rangka pencapaian suatu tujuan yang telah ditentukan dalam
ikatan yang mana terdapat seseorang / beberapa orang yang disebut atasan dan
seorang / sekelompok orang yang disebut dengan bawahan.”
2. Drs. Malayu S.P Hasibuan mengatakan “organisasi ialah suatu sistem
perserikatan formal, berstruktur dan terkoordinasi dari sekelompok yang bekerja
sama dalam mencapai tujuan tertentu.Organisasi hanya merupakan alat
dan wadah saja.”
3. Prof. Dr. Mr Pradjudi Armosudiro mengatakan “organisasi adalah struktur
pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang
pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai
tujuan tertentu.
Dengan demikian
jelaslah bahwa di dalam suatu organisasi perlu adanya kesamaan visi dan misi
serta koordinasi yang harus terjalin terus menerus dengan baik antar para
anggota maupun dengan pimpinan organisasi. Ada beberapa hal penting yang perlu
diperhatikan demi kelancaran jalannya sebuah organsisasi tersebut, antara lain
:
1. Sebuah organisasi harus memiliki pimpinan dan bawahan,
2. Perlu adanya kerja sama dan koordinasi yang baik,
3. Memiliki Visi dan Misi yang menjadi tujuan organisasi,
4. Adanya pembagian tugas dengan baik pada para anggotanya,
5. Memahami mekanisme proses pelaporan dari anggota paling bawah sampai kepada
pimpinan yang paling atas. Dengan kata lain, anggota paling bawah tidak
diperkenankan memberikan laporan langsung kepada peminpin organsiasi paling
atas tetapi wajib melalui kepala bagian (coordinator) masing-masing bidang.
Apabila beberapa
ketentuan di atas dapat dipahami dan dijalankan dengan baik, maka sebuah
organisasi bidang apapun akan mampu menjalankan tanggung jawabnya dengan baik
sehingga tujuan organisasi mampu dicapai secara maksimal.
“Saya akan menambahkan sedikit tentang
bagaimana cara membentuk organisasi yang baik dan benar serta efisien. Menurut
saya adalah untuk membentuk sebuah organisasi yang baik kita membutuhkan yang
namanya pengelolaan atau manajemen yang
baik dan benar.
Sistem manajemen yang baik akan
menghasilkan sebuah organisasi yang baik. Salah satu pengaturan manajemen yaitu
dengan perekrutan anggota yang baik dimana setiap anggota memiliki komitmen
yang dapat meningkat kualitas dari
organisasi tersebut serta dimana setiap anggotanya pula memiliki visi dan misi
sama dari organisasi tersebut.
Serta yang terpenting juga adalah
komunikasi yang baik dan dapat berjalan secara dua arah agar dimana tidak
terjadi yang namanya miss communication. SDM yang baik tanpa ada komunikasi
yang tidak baik pun akan mudah membuat organisasi hancur”.
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar